Metode Six Sigma dan TQM

Six sigma terdiri dari dua kata yaitu six dan sigma. Six berarti enam dan sigma berarti sebuah simbol atau lambang dari standar deviasi. Sigma dapat diartikan sebagai suatu ukuran satuan dalam statistik yang dapat melambangkan kemampuan suatu proses dan ukuran suatu nilai sigma. Six sigma mempunyai artian yang sangat luas dan memiliki beberapa arti dari sumber yang berbeda, salah satunya yaitu Six Sigma merupakan metode sistematis yang menggunakan pengumpulan data dan analisis statistik untuk menentukan sumber sumber variasi dan cara cara untuk menghilangkannya (Harry dan Scroeder, 2000).

Six sigma merupakan suatu metode yang global dan fleksibel yang dapat dijadikan alat oleh sebuah organisasi untuk mencapai, memberi dukungan dan memaksimalkan proses usaha yang berfokus pada pemahaman akan kebutuhan pelanggan. Terdapat lima tahap atau langkah dasar dalam menerapkan strategi Six Sigma, yaitu DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Tahapan ini merupakan tahapan yang berulang sehingga membentuk siklus peningkatan kualitas dengan menggunakan Six Sigma.

·         Define
Define merupakan tahap pertama yang berfokus dalam mengidentifikasi masalah, menentukan proses tujuan dan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara internal maupun eksternal.

·         Measure
Measure merupakan tahap kedua yaitu mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan akan digunakan untuk menetapkan standar kinerja. Tujuan dari tahap ini secara objektif adalah untuk menetapkan dasar dasar perbaikan.

·         Analyze
Tahap analyze merupakan tahap dimana mengidentifikasi akar penyebab masalah dengan berdasarkan pada analisa data. Hasil dari analisa tersebut dapat digunakan untuk membuat solusi dalam melakukan pengembangan terhadap proses yang sedang diamati.

·         Improve
Improve merupakan tahap dimana pengujian dan penerapan dari solusi dilakukan untuk menghilangkan penyebab masalah yang ada dan mengembangkan proses yang ada.

·         Control
Control merupakan tahap terakhir dari DMAIC yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas. Langkah terakhir ini bertujuan untuk melakukan kontrol dalam setiap kegiatan sehinnga memperoleh hasil yang baik sehingga dapat mengurangi waktu, masalah, dan biaya yang tidak dibutuhkan.

Kelebihan
·         Meningkatkan performa
·         Mengurangi kelemahan dalam proses bisnis
·         Meningkatkan keuntungan
·         Meningkatkan moral pegawai
·         Meningkatkan qualitas product atau service
Kekurangan
·         Project yang dilakukan terkadang subjektif
·         Dapat salah menentukan goal
·         Dapat membuang waktu dan resource


Total Quality Management merupakan suatu pendekatan management untuk jangka waktu yang panjang guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Di dalam TQM semua anggota dalam suatu organisasi berpartisipasi untuk melakukan peningkatan dalam proses, produk, pelayanan dan budaya dalam bekerja. TQM memberikan petunjuk umum dan diaplikasikan dalam kegiatan operasional sehari hari. TQM berkonsentrasi pada masing-masing departemen dan tujuan kuantitatif yang lebih spesifik, fokus utama TQM adalah kepuasan pelanggan. Sedangkan Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk menyempurnakan Total Quality Management, sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan.

Kelebihan
·         Menguatkan persaingan
·         Dapat adaptasi pada perbuhan kondisi pasar
·         Meningkatkan produktifitas
·         Meningkatkan citra pasar
·         Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kekurangan
·         Sulit diimplementasikan
·         Ada kemungkinan kehilangan pelanggan
·         Ada kemungkinan kehilangan profit

Sumber:
http://asq.org/learn-about-quality/total-quality-management/overview/overview.html
http://asq.org/learn-about-quality/six-sigma/overview/overview.html
http://www.sixsigmaonline.org/six-sigma-training-certification-information/pros-and-cons-of-six-sigma-methodology/
http://studyandjobs.com/pros-cons-of-total-quality-management-tqm-and-core-process-reengineering-cpr/
https://www.ukessays.com/essays/management/advantages-and-disadvantages-of-implementing-tqm-management-essay.php

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI DIGITAL DAN PENTINGNYA TEKNOLOGI DIGITAL DI BIDANG IT

Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern

Anthophobia